5 Pusat Toko Grosir Perlengkapan Bayi Di Jakarta

 5 Pusat Toko Grosir Perlengkapan Bayi Di Jakarta


Hai teman-teman semua, jumpa kembali bersama bang izal. ☺


Beberapa kala belakangan ini aku banyak memperoleh pertanyaan dari rekan-rekan pelaku bisnis toko mainan, dan juga pengusaha perlengkapan bayi. Mereka bertanya lewat chat, inbox, whatsapp dan blackberry mesenger. 


Yang ditanyakan adalah tentang pusat grosir perlengkapan bayi di jakarta. 


Apa saja nama tokonya? Dan dimana saja lokasinya? toko stroller di asemka


Sebenarnya artikel ini lebih pas untuk diletakan didalam kategori 'Peluang Usaha' (salah satu kategori di blog ini). Karena pada kebanyakan bisnis toko perlengkapan bayi berbentuk berdiri sendiri (baca : tokonya memuat produk untuk bayi semua). 


Namun, ada juga beberapa toko mainan yang tingkatkan koleksi isikan tokonya bersama beberapa produk-produk perlengkapan bayi. Begitu pula sebaliknya, ada juga toko perlengkapan bayi yang mengkombinasikan isikan tokonya bersama beragam type mainan tertentu (biasanya mainan pasaran populer yang sifatnya cepat laku). Oleh gara-gara itulah artikel ini kemudian aku masukan didalam kategori 'Belajar Bisnis/Startup Bisnis Mainan'.


Oke, itulah sedikit kata pembuka artikel ini. Sekarang topik kita lanjutkan!


Hmmmmh,,,,By the way topik tentang produk perlengkapan bayi baru pertama kali ini aku ulas. 


Oleh gara-gara itu, sebelum membahas tentang nama dan letak lokasi toko grosirnya, aku mendambakan terutama dahulu membahas beberapa langkah dan tips paling baik didalam memilih produk bayi ini. Tujuannya sehingga sehingga kita dapat mencapai penjualan yang lebih optimal ditoko kita. Soal alamat toko grosirnya, tentu nanti dapat aku berbagi dibawah. Sekarang kita dapat membahas ilmu marketingnya dulu ya. ☺☺☺


Setuju 'kan teman-teman? Setuju daaaaah hehhe ☺☺☺   

Rekomendasi artikel : 5 PUSAT GROSIR AKSESORIS DAN PERNAK PERNIK WANITA TERLENGKAP DI ASEMKA

Jadi,,,,produk perlengkapan bayi sesungguhnya dapat dijadikan sebagai pelengkap isikan toko mainan. 

Apa sebab? 


Karena segmen pasarnya mirip (konsumennya sama-sama para orang tua dan bayinya). 


Yang paling kerap berbelanja adalah dari kalangan ibu-ibu. Oleh gara-gara itulah lumayan banyak toko mainan yang nge-mix isikan tokonya bersama produk perlengkapan bayi. Tujuannya tidak ada lain sehingga makin memperluas pangsa pasar toko mainan tersebut.   

Pertanyaan pentingnya : type produk perlengkapan bayi apa sajakah yang paling pas untuk kita menyediakan pada toko mainan kita? 


Nah, gara-gara produk bayi ini fungsinya hanya sebagai pelengkap, maka sebaiknya kita menyediakan produk-produk yang sudah pasaran dan terpopuler saja. 


"Emang apa sih tanda-tanda dan persyaratan produk yang sudah pasaran dan populer itu bang izal?" 


Produk populer adalah produk yang merupakan 'kebutuhan pokok' dan paling banyak dicari oleh konsumen. Singkatnya : produk yang sudah 'pasaran' (dikenal luas) dan (biasanya) cenderung tentu laku! 


Apa saja perumpamaan produk bayi yang pasaran dan paling banyak dicari itu?


Berikut di bawah ini perincian produknya.


- Baby Walker.

- Stroller bayi.

- Kelambu bayi.

- Tempat (wadah) makanan bayi.

- Gendongan, bantal, guling, alas tidur bayi.

- Play Gym (semacam mainan bayi yang ada tiangnya).

- Mainan gigitan bayi (terbuat dari karet dan didalamnya ada air).

- Mainan putaran bayi. (biasanya yang populer adalah merk merry go round dan musical baby box). 


- Dan lain-lain.


Semua yang aku sebutkan diatas adalah beberapa dari produk perlengkapan dan mainan bayi terpopuler. 


Teman-teman dapat mencari dan memberi tambahan sendiri produk populer lainnya, sebagai pelengkap koleksi produk ditoko mainannya. Ingat, tanda-tanda dan persyaratan produk terpopuler adalah seperti yang sudah aku jelaskan diatas. Jadi tinggal teman-teman fikirkan sendiri, sekitar produk apa lagikah yang paling banyak dicari oleh kaum ibu-ibu? Nah, itulah dia produk pasaran yang populer. ☺


Memang sih, di awal kita isikan stok perlengkapan bayi ini, tentu dapat timbul sedikit kebingungan tentang produk apa saja yang perlu kita sediakan. Masalahnya klasik : gara-gara kita belum tahu banyak produk apa saja yang populer. Dan itu hal wajar, namanya juga tetap pemula. ☺


Biasanya di awal teman-teman membangun usaha, tentu dapat ada barang tertentu yang terlanjur keliru terbeli (karena belum tahu type barang pasaran yang laku). Itu hal biasa,,, aku sendiri pun juga dulu mengalami perihal seperti itu diawal meniti usaha. 


Tapi perihal tersebut ada hikmahnya, gara-gara dari pengalaman tersebutlah aku menjadi tahu langkah menangani produk yang kurang/tidak laku. Semuanya sudah aku tulis lengkap sekali di artikel tersebut ini : CARA MENGATASI PRODUK MAINAN YANG TIDAK LAKU (Barang 'mati')


Untuk meminimalisir terjadinya banyak menumpuk 'barang mati' alias tidak laku, langkah yang paling baik adalah bersama membeli tiap item produk sebanyak 3 pcs saja. Kalau di asemka itu, bagi para pedagang diperbolehkan membeli barang sedikitnya 3 pcs tiap tiap itemnya. 


Nah nanti sejalan waktu, kita tentu dapat tahu sendiri : mana produk yang paling banyak dicari (laku) dan mana yang kurang/tidak laku. Produk yang paling laku itulah yang dapat kita tambahkan kembali kala membeli stok diwaktu berikutnya. Dan untuk produk yang kurang/tidak laku lumayan kita 'tahan' sebagai pelengkap isikan toko saja. 


Kalau kita sudah tahu seluruh hal diatas (dan dapat memilih produk yang pas untuk dijual), maka kita dapat lebih ringan me-minimalisir kuantitas 'produk mati', dan dapat lebih mengoptimalkan kembali produk-produk yang laku lainnya.  


Mungkin ada timbul sedikit pertanyaan didalam fikiran teman-teman : "Kenapa kita perlu perlu pilih-pilih produk terpopuler saja bang izal?" Kenapa tidak kita menyediakan saja seutuhnya tanpa perlu berkhayal barangnya perlu populer dan laku?" Bukankah barang yang tidak populer (kurang laku) juga kadang-kadang ada juga yang mencarinya?"


Hmmmmh,,,,Why not? Kalau sesungguhnya kita mampu,,, ya silakan saja menyediakan dan jual semuanya, mirip sekali tidak ada larangan kok,,, hehehe ☺


Masalahnya,,, apakah kapasitas ruangan toko kita lumayan untuk menampung seluruh isikan mainan terkecuali ditambahkan kembali bersama seluruh produk perlengkapan bayi? 


Memang betul,,, ada toko yang dapat seperti itu, namun kebanyakan adalah toko mainan dan perlengkapan bayi skala besar. Biasanya toko seperti ini adalah toko grosir (tentunya juga dapat melayani penjualan secara eceran). 


Contohnya seperti toko Tomatco, toko Alice Baby shop, toko Mothercare, toko Tasya Ciracas, toko Istana Baby, dan lain-lain.


Semua toko yang aku sebutkan diatas, tak hanya koleksi mainan anak-anaknya komplit, produk perlengkapan bayinya juga ada lengkap. Nah, persyaratan toko seperti itu tahu butuh modal yang terlalu besar. Jadi terkecuali kita sesungguhnya dapat miliki toko seperti itu (modalnya kenceng), ya tidak perlu-lah dipikirkan kembali kasus memilih 'produk pasaran dan populer' yang sudah aku bahas di awalnya diatas. ☺☺☺


Itulah diatas beberapa tips dan langkah untuk toko mainan yang mendambakan memperluas pangsa pasar tokonya. Yaitu bersama tingkatkan koleksi isikan tokonya bersama produk perlengkapan bayi. 

Rekomendasi artikel : 5 PUSAT TOKO GROSIR MAINAN HOBI DI ASEMKA (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)

Nah ada pula situasi sebaliknya. Yaitu toko yang produk utamanya adalah perlengkapan bayi, namun mendambakan mengembangkan pangsa pasar tokonya bersama menjajakan produk mainan anak-anak terpopuler. 


Seperti kita ketahui, banyak keluarga muda yang baru 5-7 th. menikah kebanyakan miliki beberapa orang anak. Diantara mereka ada yang anaknya tetap bayi. Dan beberapa keluarga muda lainnya ada yang miliki 2 atau 3 orang anak. Yang satu tetap bayi, dan anaknya yang lainnya berumur 3 dan 5 tahun.


Nah kala keluarga muda ini mendambakan membeli perlengkapan untuk bayinya, kebanyakan tentu membawa serta anaknya yang berumur 3 dan 5 th. tersebut. Peluang inilah yang dimanfaatkan bersama sebaik-baiknya oleh pelaku bisnis toko perlengkapan bayi bersama menyediakan mainan anak terpopuler ditokonya. 


'Kan teman-teman tahu sendiri bagaimana reaksi anak-anak umur 3 dan 5 th. kala melihat mainan yang tengah musim atau populer terpampang di depan matanya? Ya bahkan terkecuali bukan merengek minta dibelikan. Alhasil produk perlengkapan bayi laku, mainan anak-anak pun turut laris terjual!


Artinya? Ibarat kata pepatah : Sekali mendayung, 2-3 pulau pun terlampaui. LARIS MANIS! heehehe ☺  


Oleh gara-gara itulah (pada umumnya) banyak pengusaha toko perlengkapan bayi yang mengkombinasikan produk mereka bersama mainan anak-anak. Demikian pula sebaliknya banyak pelaku bisnis toko mainan anak yang memberi tambahan koleksi isikan tokonya bersama produk perlengkapan bayi terpopuler. 


Tujuannya adalah satu : Agar jangkauan pangsa pasar mereka menjadi lebih luas.

Rekomendasi artikel : PUSAT GROSIR MAINAN ANAK DI JAKARTA Bagian 1 (Pasar Pagi Asemka)

Ada pula type yang ketiga, yaitu toko perlengkapan bayi yang terlalu hanya fokus menjajakan produk perlengkapan bayi saja. Biasanya toko seperti ini terlalu komplit menyediakan beragam produk untuk bayi, gara-gara toko seperti ini sesungguhnya terlalu 'spesialis dibidangnya'. 


Bagi toko seperti ini tidak ada istilah 'mesti pilih-pilih produk terpopuler', atau hanya menyediakan barang yang laku saja. Semua produk tentu disediakan, baik yang populer maupun tidak cukup populer, yang laris maupun yang tidak cukup laku seluruh tentu disediakan. 


Tidak ada istilah 'pilih kasih. 


Karena apa? 


Karena produk yang tidak populer atau pun tidak cukup laku tentu dapat selalu ada peminatnya (baca : tentu selalu ada yang mencarinya). Dan terkecuali sebuah toko sesungguhnya sudah diniatkan untuk fokus dan spesialis menjajakan produk perlengkapan bayi saja, sesungguhnya sudah selayaknya seluruh produk 'wajib' untuk disediakan. 


Sehingga dapat menimbulkan kesan bagi para pelanggannya bahwa toko tersebut lengkap, gara-gara hampir seluruh produk tersedia. Dan hal ini bagus untuk sisi branding bagi toko spesialis perlengkapan bayi tersebut.  


Demikianlah, sudah aku ulas secara detail sekali beberapa tips, tehnik dan langkah marketing yang berlainan untuk tiap-tiap toko diatas. Bagi toko yang mengkombinasikan produk utamanya bersama beberapa type produk lain, tentu berlainan tehnik dan strateginya bersama toko yang hanya fokus pada satu produk utama saja. Semua hal tersebut ditujukan sehingga hasil yang dicapai dapat menjadi lebih maksimal.


Semoga sedikit pemaparan ilmu dagang diatas dapat berfaedah bagi teman-teman pengusaha perlengkapan bayi yang mengkombinasikan produknya bersama perlengkapan bayi, dan yang sebaliknya. Begitu pula bagi teman-teman yang hanya fokus menjajakan produk perlengkapan bayi saja. 


Semoga berbagi ini dapat bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan Alienware AW2521H

Jenis Pendaftaran Perusahaan di Indonesia 2021 (Daftar Terkini)

HUKUM MELAKSANAKAN AQIQAH ADALAH